Alamat : (Joglo Maguwo) Jl. RingRoad Utara No. 07 RW 45, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Jogjakarta 55282, Telp. : 0274-7167374, 081 227 688 068

اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِى يَآاَيُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلٌّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Minggu, 15 Juli 2012



Majlis Dzikir Muhibbin Rasulullah adalah jama’ah didalam ranah keagamaan. Bertempat di Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Maguwoharjo ini merupakan tempat yang berada di Pojok kanan utara Jl. Arteri Utara lebih tepatnya di depan Lotte Mart atau Sebelah Barat Depnaker.
Pengasuh Mubibbin Rasulullah yang tidak lain adalah beliau Al Habib Usman Bin Muhammad Barakwan Al Hasan. Didirikannya Muhibbin Rasulullah sejak tanggal 18 agustus 2008, Dinamakan Muhibbin Rasulullah karena melihat secara etimologi dari kata itu berasal dari bahasa arab, Muhibbin berarti Para Pecinta, atau orang-orang pecinta. Mufrod dari kata Muhibbin kemudian dijama’ mudzakkar salim menjadi Muhibbin. Dan Rasulullah sendiri adalah Nabi Muhammad SAW sang Suri Tauladan, manusia yang tidak seperti manusia “basyarun la kal basyari” yang selalu kita nantikan syafaatnya dihari akhir kelak. Sehingga Muhibbin Rasulullah berarti sekumpulan manusia yang mencintai Rasulullah SAW. Seperti yang telah dikatakan oleh beliau Al Habib Usman sendiri “Dengan kecintaan kepada Rasulullah dan dengan Bismillah, akhirnya disertai izin Allah kita namakan majelis ini dengan nama Muhibbin Rasulullah” 
Secara geografis Muhibbin Rasululah yang bersinggah disebuah bangunan Joglo yang belum lama berdiri, terletak diantara pedesaan dan kota. Dikarenakan memang dekat dengan dusun maguwo yang berada di seberang jalan arteri utara atau ringroad.
Al Habib Usman Barakwan Al Hasan
Beberapa rangkaian kegiatan antara lain yaitu :
1.      Setiap malam selasa yaitu digunakan untuk kegiatan pembacaan Maulid Shimtuduror dan Qosidah-qosidah Islami yang memiliki urutan acara sebagai berikut:
a.     Qosidah pra Maulid,
b.    Pembacaan kitab Maulid Shimtuduror,
c.     Tausiyah dari Cak Kuswaidi Syafi’i/ M. Tamyiz
2.      Setiap malam Rabu dan malam Kamis yang diisi dengan kegiatan pembacaan Ratibul Hadad.
3.      Setiap malam jum’at diisi dengan kegiatan Pembacaan Manaqib Syech Abdul Qodir Al Jilani dan Maulid Shimtuduror.
4.      Selapanan Malam Ahad Pon, yang merupakan kegiatan yang dilaksanakan selapan sekali, dengan urutan acara sebagai berikut :
a.       Muqodaman (Pembacaan Kitab Suci Alqur’an)
b.      Manaqib Syech Abdul Qodir Al Jilani
c.       Shalawat Burdah
d.      Maulid Shimtudduror
e.       Tausiyah
 dalam pelaksanaan kegiatan Maulid Simthud durar Al Habib memiliki salah satu pasukan yang selalu membantu beliau dalam setiap  kegiatan. Sebut saja ia Pasukan Katak. Pasukan dibawah asuhan  AL Habib langsung inilah yang memotori berjalannya kegiatan majlis dzikir muhibbin rasulullah dari mulai awal berdiri sampai saat ini.
Tausiyah yang disampaikan oleh cak kuswaidi bersifat tasawuf. Dimana jama’ah muhibbin rasululah diajarkan agar benar-benar dapat membuka hati untuk totalitas dalam mencintai Allah dan Rasulnya. Topik kesufian yang didalam tausiyah tersebut beliau mengambil contoh sahabat atau tokoh sufi seperti Imam Ghozali, Habib Abdurrohman Assegaf, Ibnu Attoillah Assakandari dan masih banyak tokoh-tokoh sufistik lainnya.
Disamping tausiyah majlis ini memiliki beberapa personil Grup Hadroh ini berasal dari berbagai macam daerah sehingga dengan berbedanya latar belakang, daerah yang berkumpul ke dalam satu tempat memiliki nilai ukhuwah yang tinggi. Nilai ukhuwah yang tinggi inilah yang memiliki pendidikan karakter yang dalam hal ini adalah sifat kebersamaan diantara mereka.
Oleh karena itu dapat kita lihat, dengan berbagai macam-macam daerah, umur dan status mereka inilah merupakan sebuah kelebihan dari Majlis Dzikir Muhibbin Rasulullah SAW dalam proses penyatuan tujuan dalam satu wadah yaitu Majlis Kecintaan kepada Rasulullah SAW.